Rabu, 13 Maret 2013
Home » » Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

postheadericon Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen


Logo-Kemendag
Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen - Saat ini, banyak orang sebagai konsumen secara tidak sadar diperlakukan tidak adil oleh produsen dan berbagai pihak yang berusaha mengambil keuntungan dari kita tetapi tidak mau memberikan pelayanan dan kepuasan yang sesuai dengan harga yang telah kita keluarkan.

Jangan ragu untuk segera melakukan tindakan, karena pemerintah pun mencoba membantu dan memfasilitasi kita untuk melaporkan tindakan pelanggaran dan bahkan bisa melakukan tuntutan hukum atas ketidakpuasan dan pelanggaran yang dilakukan pelaku usaha (produsen) terhadap kita sebagai konsumen.

Seperti pernyataan yang dilontarkan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan bahwa tidak ada yang dirugikan dan diuntungkan dalam suatu proses jual beli, yang ada adalah hubungan erat antara penjual dan pembeli yang sama-sama saling menguntungkan, si penjual beruntung telah mendapat hasil dari penjualan mereka dan si pembeli beruntung telah mendapatkan barang yang memang mereka butuhkan dan inginkan.
 

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen


Jika sudah terjadi ketimpangan simbiosis mutualisme ini, maka berarti salah satu pihak sudah memberi rasa tidak aman dan nyaman kepada satu pihak yang lain. Dalam artian telah terjadi pelanggaran kode etik utama dari sebuah proses jual beli. Konsumen yang cerdas dan paham akan perlindungan konsumen harus mengerti terhadap hak dan kewajiban dari konsumen.

Konsumen Cerdas Harus Awas

Sebagai konsumen, kita harus teliti dan cermat dalam memilih suatu barang/produk. Selain hak yang ditonjolkan kita juga perlu menunaikan suatu kewajiban, dalam proses jual beli, kewajiban bukan hanya milik produsen atau pelaku usaha, konsumen juga memiliki kewajiban yang harus di penuhi dan di taati.

Konsumen cerdas paham perlindungan konsumen juga harus mengerti akan kewajibannya, antara lain harus teliti dalam menentukan pilihan dan memilih barang yang akan dibeli dan selalu memperhatikan label produk, jika produk tersebut adalah makanan, maka anda harus memastikan label produk tersebut mencantumkan tanggal kadaluwarsa, bahan dan komposisi serta produsen pembuat.

Buah

Konsumen cerdas paham perlindungan konsumen juga wajib memperhatikan standarisasi produk, apalagi jika produk tersebut berhubungan dengan kegiatan yang beresiko tinggi seperti peralatan pekerjaan konstruksi dan alat-alat pabrik, pastikan produk yang akan di beli memiliki standarisasi nasional dengan label SNI.

SNI

Konsumen Dibutuhkan, Konsumen Ditipudayakan

Sebagai seorang konsumen, kita selalu dihadapkan oleh berbagai macam pilihan barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh para produsen. Hal ini perlu di cermati untuk memastikan barang ataupun jasa yang nantinya akan kita terima memiliki kualitas yang baik, dan apabila memungkinkan harga yang ditawarkan relatif lebih murah. Dua aspek inilah yang menjadi faktor penunjang yang harus kita perhatikan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

Konsumen Cerdas: Paham Akan Perlindungan Konsumen


Kita harus cerdas dan bijak dalam melihat apapun yang produsen coba tawarkan. Ini penting agar kita tidak termakan rayuan-rayuan manis yang terkadang menyesatkan, yang mana sering menipu konsumen. Lalu, bagaimana cara kita menjadi seorang konsumen yang tidak mudah dibohongi oleh produsen? Berikut beberapa tips yang mungkin akan membantu.

Tips Menjadi Konsumen Cerdas

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam usaha menjadi konsumen cerdas paham perlindungan konsumen adalah dengan tahu dan paham apa saja kebutuhan anda. Ketahui baik-baik kebutuhan barang dan jasa anda. Jika anda ingin membeli mobil misalnya, carilah info mengenai mobil yang ingin anda beli sebanyak-banyaknya dari berbagai macam sumber terpercaya.

Timbang

Mengetahui lebih jauh informasi tentang sebuah produk adalah keharusan agar kita terhindar dari tindak penipuan. Untuk masalah kebutuhan jasa, ada baiknya anda mencari penyedia jasa yang terpercaya. Gali Track Record mereka dalam-dalam dan lihat testimonial dari para pelanggannya. Apakah penyedia jasa tersebut mampu memberikan layanan yang memuaskan?

Konsumen Cerdas: Paham Akan Adanya Perlindungan Konsumen


Selain mengetahui informasi seputar produk, kita juga harus tahu dan bijak dalam masalah harga. Bandingkan harga satu produk dari produsen yang satu ke produsen yang lain. Apabila memungkinkan, cari tahu keunggulan dan kekurangan masing-masing produk tersebut. Ini mungkin akan menyita banyak waktu anda, tapi hal ini sangatlah penting agar anda tidak mengalami kerugian saat berbelanja.

Sebagai tambahan informasi, apabila anda merasa dirugikan oleh produsen nakal, anda bisa mengajukan komplain pada pihak yang berwenang, yaitu Direktorat Pemberdayaan Konsumen.

Akhir kata, jadilah konsumen cerdas paham perlindungan konsumen.

Info selengkapnya bisa dilihat di http://ditjenspk.kemendag.go.id/

Banner-Kontes-SEO-Konsumen-Cerdas

Description: Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen , Rating: 5.0, Reviewer: Agung Purnomo, ItemReviewed: Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Search

Memuat...

Jasa Pembuatan Blog Fans

Butuh Jasa SEO Profesional?